Tutorial Cara Mengatur Pencahayaan IES light Vray Sketchup

Salah satu aspek dasar dari desain interior dalam dunia grafis 3D adalah pencahayaan. jika itu maksimal maka hasilnya akan semakin terlihat nyata dan sempurna. Umumnya saat rendering vray sketchup selalu membutuhkan Ies Light sebagai pencahayaan. Buat kalian yang masih awam dengan hal tersebut maka kalian harus belajar beberapa hal dasar tentang Ies Light dan fungsinya:

  • Pencahayaan IES - biasanya digunakan untuk Spots dan benchmark 
  • Rectangle Cahaya Lampu (lamp light) – digunakaan untuk pita LED dan plester lapisan 
  • Spot Light Pencahayaan - pencahayaan biasa. 
  • Omni light - digunakan Untuk Lampshades 
  • Material - Untuk pencahayaan dengan desain khas 
  • 2 Side light – agar cahaya bisa melalui bahan 



Tips Mengatur Pencahayaan Ies Light 

Setiap orang memiliki masalah dalam pencahayaan untuk merender, tapi setelah kalian melihat ini semoga masalah itu tidak lagi menjadi masalah. ikuti tips berikut ini agar dalam pencahayaan menjadi lebih realistis

  • Pastikan kalian sudah menginstall sketchup dan v-ray di laptop kalian jika belum punya download dulu di sisni..sketchup, dan v-ray
  • siapkan file Ies Light yang akan digunakan. jika tidak memilikinya silahkan men-download file .IES melalui link dibawah ini, jangan khawatir, kalian tidak perlu menginstal apapun, Anda hanya men-download file untuk digunakan nanti dalam konfigurasi V-Ray . Download Ies Light


Tutorial Cara Mengatur Pencahayaan Ies Light


1. Klik ikon Cahaya IES; 
Setting ies light di sketchup
2. Klik di mana Anda ingin menempatkan pencahayaan; Anda tidak perlu berada di lokasi yang tepat, karena maka kalian bisa menempatkanya nanti setelah setting selesai.
3. Klik tombol kanan pada lampu yang dipilih; kemudian pilih V-Ray for SketchUp lalu Edit light

4. 
Mengedit Cahaya , akan membuka jendela konfigurasi Light -  V-Ray Cahaya Editor



Pada jendela ini Anda akan mengkonfigurasi hanya 3 bagian saja: 

  • Filter color: memilih warna sesuai kebutuhan
  • Power: yaitu nilai intensitas dari cahaya
  • File: yaitu memasukan file Ies Light yang kalian miliki
NB: Intensitas pencahayaan sebaiknya di atas 5.000 agar terlihat jelas, bisa di tes dahulu agar hasil memuaskan, dan ubah penggukuran menjadi centimeten (cm) jika tidak cahaya tidak bisa muncul

5. Kemudian render

Cara menyesuaikan ies light 


Sekarang kita menyesuaikan tinggi dan kerucut ukuran pencahayaan, kita akan menggunakan dua (2) alat dasar Skala dan Move, sederhana! 

1. klik pada komponen ies dan Pilih  Skale untuk mengurangi atau memperbesar ukuran kerucut

2. Sekarang dengan Move tool, pindah kerucut pencahayaan dan dekatkan agar lebih dekat ke komponen yang akan mengeluarkan cahaya, hati-hati jika tertutup komponen lain maka cahaya tidak muncul.
3. Setelah selesai mengkonfigurasi Spot light , Anda bisa menggunakan konfigurasi ini dan jenis pencahayaan kerucut juga benchmark, sconce, liontin, itu tergantung pada kebutuhan Anda hanya menyesuaikan dengan intensitas , jenis IES cahaya dan warna .

Itulah beberapa info mengenai cara menggunakaan Ies Light di sketchup, Secara pribadi, saya berharap artikel ini membantu mengatasi beberapa keraguan dalam menerapkan Spot Light dan yang sejenisnya. Seperti yang saya katakan di awal, ini adalah pengaturan dasar tetapi yang ingin memperdalam ada beberapa pengaturan yang lebih baik yang dapat dibuat, ada banyak tutorialnya di youtube jika ingin mendalami. Namun secara bertahap blog ini juga akan menerbitkan tutorial yang lebih spesifik.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Bawah Artikel