SEJARAH DAN ULASAN LENGKAP OS TIZEN

Tizen adalah sistem operasi berbasis kernel Linux dan C Library GNU menerapkan API Linux. Ia bekerja pada berbagai macam perangkat, termasuk smartphone, tablet, di dalam kendaraan infotainment perangkat (IVI), smart TV, PC, kamera pintar, komputasi dpt dipakai (seperti smartwatches), pemutar Blu-ray, printer dan peralatan rumah pintar ( seperti lemari es, pencahayaan, mesin cuci, AC, oven / microwave dan vacuum cleaner robot). Tujuannya adalah untuk menawarkan pengalaman pengguna yang konsisten di seluruh perangkat. Tizen merupakan proyek dalam Linux Foundation dan diatur oleh Pengarah Teknis Group (TSG).

Tizen Association dibentuk untuk memandu peran industri Tizen, termasuk pengumpulan persyaratan, mengidentifikasi dan memfasilitasi model layanan, dan pemasaran industri secara keseluruhan dan pendidikan.

Anggota Asosiasi Tizen merupakan sektor utama dari industri mobilitas, dari berbagai daerah di dunia. anggota saat ini mencakup telekomunikasi operator jaringan dan produsen elektronik: Fujitsu, Huawei, Intel, KT, NEC Casio, NTT DoCoMo, Orange, Panasonic, Samsung, SK Telecom, Sprint dan Vodafone. Sementara Asosiasi Tizen memutuskan apa yang perlu dilakukan dalam Tizen, Technical Steering Group menentukan apa kode sebenarnya dimasukkan ke dalam sistem operasi untuk mencapai tujuan tersebut. akar Tizen kembali ke Samsung Linux Platform (SLP) dan Proyek LiMo dan pada tahun 2013 Samsung digabung proyek Bada homegrown ke dalam Tizen.

Minggu pertama Oktober 2013, kamera pintar NX300M Samsung menjadi yang pertama produk konsumen berdasarkan Tizen; itu dijual di Korea Selatan selama satu bulan sebelum OS yang terungkap di Tizen Developer Summit, kemudian menjadi tersedia untuk pre-order di Amerika Serikat pada awal 2014 dengan tanggal rilis Maret 1. tablet Tizen pertama diumumkan oleh Systena Juni 2013, 10-inch ARM quad-core dengan 1920 × 1200 resolusi yang akhirnya dikirim pada akhir Oktober 2013 sebagai bagian dari kit pengembangan eksklusif untuk Jepang. Samsung Gear 2 smartwatch, dirilis pada bulan April 2014, menggunakan Tizen.

Samsung merilis berbasis Tizen Samsung Z1 smartphone untuk pasar India pada bulan Januari 2015. Hal ini diikuti oleh Samsung Z3 pada bulan Oktober.

Sistem arsitektur

Ikhtisar

Tizen menyediakan alat pengembangan aplikasi berbasis pada perpustakaan JavaScript jQuery dan jQuery Mobile. Sejak versi 2.0, kerangka aplikasi C ++ native juga tersedia, berdasarkan pada Layanan Open Platform dari platform Bada.

Pengembangan perangkat lunak kit (SDK) memungkinkan pengembang untuk menggunakan HTML5 dan teknologi web yang terkait untuk menulis aplikasi yang berjalan di perangkat yang didukung.

  • oFono adalah tumpukan telephonE
  • Smack digunakan untuk aplikasi web sandbox HTML5.
  • sistem windowing
  • X Window System dengan Perpustakaan Yayasan Pencerahan digunakan.
  • Wayland: Tizen hingga 2.x mendukung Wayland di dalam kendaraan infotainment (IVI) setup [18] dan dari 3,0 default maju ke Wayland.
  • Zypp terpilih sebagai sistem manajemen paket
  • ConnMan dipilih lebih dari NetworkManager

OS Terbuka

Core Mobile Web Landasan Community Group (Coremob) membawa pengembang, produsen peralatan, vendor browser dan operator bersama-sama menyepakati fitur inti pengembang dapat bergantung pada. Kelompok ini ditutup pada September 2013 dan bekerja dipindahkan ke Web dan Mobile Interest Group, [21] yang ditutup di November 2015.

aplikasi HTML5 berjalan pada Tizen, Android, Firefox OS, Ubuntu Touch, Windows Phone, dan webOS tanpa browser.

Pada akhir Januari 2013, Tizen 2.0 skor tertinggi pada saat di tes HTML5 dari setiap browser. [22] Sebagai tes HTML5 tua yang dihapus pada tanggal 13 November 2013, Tizen 2.2 jatuh di bawah BlackBerry 10.2 di 494 dari 555 poin. [23] Namun, karena dari Desember 2013 browser desktop telah kembali keuntungan, dan hasil untuk Tizen 2.2 di perangkat Samsung skor tertinggi secara keseluruhan di ponsel, dengan skor 497 poin.

Tizen IVI (In-Vehicle Infotainment) adalah sistem operasi dari Otomotif Kelas Linux Workgroup. [25] Hal ini PC yang kompatibel.

Aplikasi berbasis Qt, GTK + dan kerangka kerja EFL dapat berjalan di Tizen IVI. [26] Sementara tidak ada dukungan resmi untuk kerangka kerja pihak ketiga tersebut, menurut penjelasan di situs Tizen SDK, [27] aplikasi Tizen untuk perangkat mobile dapat dikembangkan tanpa bergantung pada Tizen IDE resmi selama aplikasi sesuai dengan Tizen kemasan aturan. Pada bulan Mei 2013, pelabuhan komunitas Qt untuk Tizen berfokus pada memberikan kontrol GUI asli dan integrasi Qt dengan fitur Tizen OS untuk smartphone. [28] Berdasarkan port Qt untuk Tizen, Tizen dan mer dapat menukar kode.

model lisensi

Model pemerintahan yang terbuka Tizen ini diciptakan melalui masukan publik, saran, kritik, atau partisipasi, dari Tizen 2.0. [29] [30] Sementara Apple telah mengejar litigasi paten dan bahkan mengalihkan beberapa untuk dikenal troll [31] untuk mengejar mitra Tizen (HTC, LG, Samsung, dan lebih), pada awal 2014 lisensi silang antara produsen hardware yang terjadi [32] lebih luas. Memperluas software open source dan mematenkan ekstensi adalah pilihan yang lisensi paling open source tidak membatasi.

Sistem operasi terdiri dari banyak komponen open source. Sejumlah komponen dikembangkan secara internal oleh Samsung (misalnya, boot animasi, kalender, task manager, aplikasi pemutar musik), bagaimanapun, yang dirilis dibawah lisensi Flora, pada dasarnya lisensi BSD- atau Apache gaya kecuali pemberian paten untuk "Tizen Bersertifikat Landasan "saja.

Flora tidak disetujui oleh Open Source Initiative. Oleh karena itu, tidak jelas [rujukan?] Apakah pengembang secara hukum dapat menggunakan kerangka aplikasi asli dan komponen grafis untuk membuat aplikasi GPL. Akses Source code dijamin namun.

SDK yang dibangun di atas komponen open source, tetapi seluruh SDK adalah hak cipta Samsung Electronics dan bawah EULA non-bebas.

Sejarah


Tizen dan distribusi software mobile ini berhubungan dengan

Pendahulu dari Tizen
Tizen berasal dari sejarah panjang adopsi Linux oleh produsen. Sebuah pohon keluarga lengkap tersedia.

kolaborasi Samsung dengan proyek EFL, dan terutama Carsten Haitzler, dikenal sebagai LiMo selama bertahun-tahun. Itu nama Tizen ketika Intel bergabung dalam proyek ini pada bulan September 2011, setelah meninggalkan proyek MeeGo. Kesalahpahaman yang umum adalah bahwa Tizen merupakan kelanjutan dari MeeGo. Bahkan, itu didasarkan pada Samsung Linux (SLP), implementasi referensi disampaikan dalam LiMo.

Pada tanggal 1 Januari 2012, LiMo Foundation berganti nama Tizen Association. Tizen Association dipimpin oleh Dewan Direksi dari Samsung, Intel, Huawei, Fujitsu, NEC, Panasonic, KT Corporation, Sprint Corporation, SK Telecom, Orange, NTT DoCoMo, dan Vodafone. Tizen Association bekerja sama dengan Yayasan Linux, yang mendukung Tizen proyek open source.

Pada tanggal 30 April 2012, Tizen merilis versi 1.0, nama kode Larkspur.

Pada tanggal 7 Mei 2012, operator nirkabel Amerika Sprint Nextel (sekarang Sprint Corporation) mengumumkan telah setuju untuk menjadi bagian dari Asosiasi Tizen dan direncanakan untuk menyertakan perangkat Tizen bertenaga di lineup masa depan mereka.

Pada tanggal 16 September, 2012, Otomotif Kelas Linux Workgroup mengumumkan akan bekerja dengan proyek Tizen sebagai distribusi referensi dioptimalkan untuk satu set luas dari aplikasi otomotif seperti instrumentasi cluster dan di-kendaraan-infotainment (INP).

Pada tanggal 25 September 2012, Tizen merilis versi 2.0 alpha, kode nama Magnolia.It menawarkan kerangka kerja berbasis web yang disempurnakan dengan fitur yang lebih, baik HTML5 / W3C dukungan API dan lebih perangkat API, multi-proses berbasis WebKit2 runtime web dan lebih baik keamanan untuk aplikasi web. Dukungan untuk OpenGL ES telah ditingkatkan. Baru ditambahkan Platform SDK telah disediakan untuk membantu dengan platform pengembangan berbasis Open Build Service (OBS).

Pada tanggal 18 Februari 2013, Tizen dirilis versi 2.0, yang diberi nama kode Magnolia. Terlepas dari peningkatan lebih lanjut dari kerangka web dan API, framework aplikasi asli dengan lingkungan pengembangan terpadu dan alat terkait telah menambahkan fitur seperti aplikasi latar belakang, IP dorongan, dan text-to-speech pendukung. Pencantuman kerangka ini adalah efek dari bagian penggabungan yang diharapkan dari Open Services Platform (OSP) kerangka kerja dan API dari sistem operasi Bada dengan platform Tizen.

Pada April 2013, Samsung mengumumkan Tizen Port-a-thon. Kampanye ini mendukung masuknya awal Bada pengembang 'ke pasar Tizen dengan menyediakan dukungan teknis dan insentif.

Pada tanggal 17 Mei 2013, Tizen merilis versi 2.1, yang diberi nama kode Nectarine.

Pada bulan Juli tahun 2013, Samsung mengumumkan Tizen App Challenge, dengan lebih dari US $ 4 juta dalam hadiah uang tunai.

Pada tanggal 22 Juli 2013, Tizen merilis versi 2.2.

Pada tanggal 9 November 2013, Tizen merilis versi 2.2.1. [47]

Pada tanggal 14 Mei 2014, diumumkan bahwa Tizen. Umum akan kapal dengan Qt terintegrasi [48] Ini menandai kemampuan untuk Tizen untuk mendukung Qt aplikasi asli.

Pada tanggal 8 November 2014, Tizen merilis versi 2.3.

Pada tanggal 4 September, 2015, Tizen merilis versi 2.3.1.

Pada tanggal 22 Oktober 2015, Tizen merilis versi 2.4.

Pada September 2016, Tizen berencana untuk merilis versi 3.0 

Setelah bergabung dengan Net Yayasan Steering Group pada bulan Juni 2016, Samsung mengumumkan di November 2016 bahwa mereka akan berkolaborasi dengan Microsoft untuk membawa dukungan Net untuk Tizen.

PANGSA PASAR RILIS

Samsung Galaxy Aksesoris smartwatches menggunakan Tizen sebagai sistem operasi mereka.

Diduga, perangkat Tizen pertama akan dilakukan pada semester kedua 2012.Samsung kemudian mengklarifikasi bahwa kuartal pertama tahun 2013 bukanlah tanggal peluncuran produk yang sebenarnya, tetapi demonstrasi di Mobile World Congress. layanan Tizen dibuat oleh Samsung dikatakan kapal pada tahun 2013, mungkin pada bulan Agustus atau September, [53] [54] kemudian diganti ke "Kemudian pada tahun 2013", [55] [56] dan kemudian mungkin di awal 2014.

Pada Mei 2013, Samsung merilis kode sumber firmware untuk NX200 dan NX300 kamera, [58] arsitektur kode yang berbasis Tizen.

Pada bulan Februari 2014, Samsung Gear 2 dan Gear 2 smartwatches Neo yang diresmikan, dan dirilis pada bulan April, menjalankan Tizen bukan Android seperti aslinya Galaxy Gear. [59] Pada tanggal 31 Mei 2014, Samsung merilis update untuk original Galaxy Gear, beralih sistem operasi untuk Tizen.

Samsung mengumumkan Samsung Gear S - sebuah smartwatch yang mampu melakukan panggilan telepon dan mengirim SMS - pada 28 Agustus 2014. Pada tanggal 15 September 2014, itu merilis Samsung Nx1, kamera high-end yang juga menggunakan Tizen.

Pada tanggal 14 Januari 2015, Samsung Z1, smartphone murah menggunakan Tizen, diperkenalkan di India [61] dan kemudian Bangladesh, dan pada pertengahan Mei 2015 Sri Lanka ditunjukkan. Z3 dari seri yang sama dirilis pada bulan Oktober.

Samsung mengumumkan Gear S2 pada tanggal 1 September 2015, jam tangan yang pertama melingkar cerdas, juga didukung oleh Tizen.

Pada tanggal 14 Oktober 2015, Samsung meluncurkan smartphone Tizen kedua, Samsung Z3 (SM-Z300H) di Gurgaon, India, dengan spesifikasi yang lebih tinggi dan fitur tambahan dari Z1. [64]

Samsung terus mempromosikan Tizen OS dengan perangkat baru. 21 Februari 2016, itu mengumumkan Samsung Connect Auto, solusi mobil yang terhubung menawarkan diagnostik Wi-Fi, dan layanan mobil-terhubung lainnya. perangkat plugs langsung ke port OBD-II di bawah kemudi.

Pada 3 Juni 2016 Samsung meluncurkan generasi berikutnya kebugaran Band Gigi Fit, Samsung Aksesoris Fit 2, band olahraga menyediakan pengguna dengan akurat auto-pelacakan dan fitur kebugaran lainnya seperti pedometer, dukungan S Kesehatan serta monitor denyut jantung. Seiring dengan Aksesoris Fit 2, Samsung juga memperkenalkan Gear Icon X sebuah speaker mini kabel-bebas yang memberikan ringan, dan kusut speaker mini gratis, earbud dikatakan menjalankan Tizen OS.

23 Agustus 2016, Samsung meluncurkan smartphone ketiga didukung oleh sistem operasi Tizen di India, Samsung Z2 adalah tingkat smartphone entry dengan dukungan 4G, perangkat ini memiliki 1,5 GHz prosesor Quad-core, 1GB RAM dan memori internal 8GB, itu fitur modus Menyimpan data Ultra, modus sepeda S dan dengan baru saya aplikasi Money transfer

0 Response to "SEJARAH DAN ULASAN LENGKAP OS TIZEN"

Posting Komentar

Jika ada yang ditanyakan atau saran, silahkan samapaikan di komentar.